Begini cara mengatasi telinga yang kemasukan air

Saat berenang atau mandi, kerap kali tidak sengaja ada air yang masuk ke dalam telinga. Sayang, seringkali orang melakukan cara yang salah untuk mengeluarkan air di dalam telinga.
Sebagian besar orang sering berusaha mengeluarkan air yang masuk ke telinga dengan cotton bud atau spons. Hal itu, dikatakan Steven Rauch, MD, profesor THT di Harvard Medical School justru berpotensi menimbulkan kerusakan di gendang telinga.
Rauch menambahkan, cara lain yang umum dilakukan untuk mengeluarkan air dari dalam telinga yaitu dengan mengalirkan udara panas, misalnya menggunakan hair dryer. Menurut Rauch, cara itu justru bisa membuat kotoran telinga meleleh dan mengalir ke saluran telinga.
"Cara terbaik yakni gunakan alkohol. Saluran telinga ibarat lubang yang dilapisi kulit halus dan berminyak dan air akan berada di atasnya. Mirip tetesan air hujan pada mobil yang baru saja disemir, Anda perlu menghilangkan tegangan yang ada di permukaan dan di sinilah peran alkohol," terang Rauch.
Dikutip dari Men's Health pada Kamis (10/9/2015), Rauch mengatakan rendam bola kapas dalam alkohol. Kemudian, berbaring dengan posisi tubuh miring lalu kucurkan perasan alkohol ke telinga yang dimasuki air. Jika dibutuhkan, Anda bisa memijat lembut bagian luar telinga untuk membantu alkohol lebih cepat mengalir ke saluran telinga.
Setelah itu, duduk dan miringkan kepala Anda ke arah berlawanan sehingga air bisa keluar. Jika air tak kunjung keluar, Rauch menyarankan segera konsultasi ke dokter THT. Sebab, air yang terperangkap di belakang kotoran telinga juga bisa menumpuk.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

iklan