WAH.... MOBIL BISA JALAN SENDIRI DISINI LOH

Amazing! itulah kesan yang muncul saat berkunjung ke mysterious road salah satu daerah pegunungan Kelud di Desa Sugihwaras, Kediri – Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, area mysterious road ini memang benar-benar Aneh bin Ajaib! Mobil yang mesinnya mati justru dapat bergerak ke arah jalan menanjak.
Jalan misteri ini terletak sekitar 4 kilometer dari pintu loket wisata Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Ndak usah takut kelewatan, karena sudah ada gapura penanda jika Anda sudah tiba di kawasan mysterious road ini nih gais. Panjang lintasan mysterious road ini sepanjang 100 meter, pengelola wisata mempoles tempat ini, dengan memberikan penanda garis-garis marka. Sejumlah board dipasang.
Seperti yang dilansir dari kediripedia.com Seorang pria bertopi hitam yang mengendarai Toyota Avanza hitam menggerakkan kemudi mobilnya ke arah timur, keluar dari barisan kendaraan. Setelah itu, dia berhenti, membelakangi area mysterious road. Sejenak, pengemudi bernama Edy Prasetyo itu mematikan mesin mobilnya. Kaki kirinya masih menginjak rem. Sesaat kemudian, rem dilepas. Tiba-tiba mobil mundur. Bergerak cepat ke arah jalanan yang terlihat menanjak.
Di tengah laju mobil, pria asal Tulungagung Jawa Timur ini membuka pintu mobil dan berdiri, sembari berteriak kegirangan. “Ajaib!”. Dua kali mencoba, Edy tetap penasaran. “Ini sangat aneh. Mobil ini mesinnya mati, tapi malah bergerak ke arah yang menanjak,” ujarnya.
_________________________________________________________
Yang jadi pertanyaan, apa yang menyebabkan fenomena tersebut muncul di Desa Sugihwaras?
Sebenarnya fenomena uniq tersebut, tak hanya ada di Kelud saja. Di luar Negeri juga ada fenomena serupa, seperti di Di Skotlandia, Italia, Kanada, Jepang dan Korea, tentunya fenomena kontragravitasi ini bakalan jadi sesuatu yang sangat seksi dimata wisatawan, iya kan?
Tentang fenomena kontragravitasi memang memunculkan perdebatan di beberapa kalangan, adan yang berpendapat ada sebuah medan medan magnet, sehingga memungkinkan benda-benda dapat bergerak melawan hukum gravitasi atau kontragravitasi. Namun, ada juga pendapat lain yang menepis terori kontragravitasi tersebut. Hukum gravitasi tetap berlaku di berbagai titik belahan dunia, tak terkecuali mysterious road tersebut.
Fenomena yang lagi ngehit di Desa Sugihwaras hanyalah ilusi optikal atau ilusi visual belaka. Ilusi yang diciptakannya membuat jalan raya yang menurun terlihat seperti menanjak. Jadi, ketika kita mematikan mesin mobil dan melepas rem, mobil itu sesungguhnya patuh kepada hukum gravitasi dengan bergerak mengikuti jalan yang menurun. Tetapi mata kita membangkang terhadap realita. Kita melihat jalan yang menurun itu seperti jalan yang menanjak.
Mata manusia dan otak dapat dengan mudah dibohongi sehingga berpikir kalau hukum fisika dapat berubah, namun yang ada hanyalah penyimpangan sudut pandang dan sudut ganjil. Apa yang dimiliki oleh semua lokasi gravitasi terbalik ini adalah cakrawala yang sepenuhnya atau sebagian besar terhalangi. Akibatnya, sulit bagi mata manusia untuk menilai kemiringan sebuah permukaan. Tidak adanya titik refrensi yang handal, diperkuat ilusinya oleh indera keseimbangan tubuh, khusunya bila kemiringan lereng kecil ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

iklan