JANGAN BAWA ANAK KECIL KE RUMAH SAKIT.. BAHAYA!

     
ilustrasi

  Sobat CARI TAU ini loh bahayanya membawa Anak kecil ke rumah sakit. Belum banyak orang tua yang tahu tentang resiko kesehatan ketika membawa anak-anak ke rumah sakit. Meskipun beberapa rumah sakit telah diberlakukan larangan besuk bagi anak di bawah umur, masih banyak keluarga pasien yang ngotot membawa anaknya masuk.
     Penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari university of Iowa College of Medicine melaporakan bahwa anak memiliki resiko 3,2 persen lebih tinggi tertular infeksi seperti flu dan lain-lain sepulangnya dari rumah sakit. Angka tersebut memang terlihat kecil, namun angka tersebut tidak boleh diremehkan. Dr.Charles Foster seperti dilansir Medicaldily mengatakan. “memang angkanya terlihat kecil , namun hal ini berimbas kepada meningkatnya infeksi flu kepada 700.000 anak setiap tahunnya.”
     Setiap rumah sakit memiliki potensi menularkan infeksi yang disebabkan oleh kuman maupun bakteri. Penyakit itu merupakan infeksi nosokomial atau infeksi karena penyakit. Penyakitnya tidak diderita pasien saat masuk ke rumah sakit, melainkan setelah berada di tempat itu. Nosokomial terjadi jika toksin atau agen penginfeksi menyebabkan infeksi lokal atau sistemik infeksi nosokomial bersifat cross infection, yaitu dapat ditularkan dari petugas medis ke pasien, dari pasien ke pasien, dari pasien ke pengunjung rumah sakit, atau yang lainnya.
      Infeksi ini terjadi tidak hanya dengan kontak langsung tetapi bisa juga ditularkan melalui udara atau pernapasan. Anak-anak rentan terjangkit penyakit infeksi nosokomial sebab sistem imun mereka lebih rendah daripada orang dewasa. Jenis penyakit infeksi tersebut yaitu diantaranya diare, infeksi saluran kemih,tubercolusis (TBC) pneumonia, influenza, infeksi pembuluh darah, difteri, tetanus, pertusis,bronkhitis, infeksi kulit, dll.
      Meskipun banyak resiko kesehatan setelah kunjungan kerumah sakit bukan berarti anak-anak dilarang berobat ke rumah sakit. Namun setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatian oleh orang tua, yaitu :
   1. Jangan membawa anak kerumah sakit untuk menjenguk orang sakit atau hanya sekedar mengantar berobat
    2. Memilih Rumah sakit Ibu dan Anak daripara Rumah Sakit umum saat anak berobat
    3. Meminimalkan kontak anara anak dengan orang lan di rumah sakit, baik itu orang yang     sedang sakit atau dengan petugas rumah sakit
    4. Kenakan masker saat berkunjung ke rumah sakit;
  5. Melarang anak menyentuh benda-benda di rumah sakit meski benda tersebut tampak bersih;
   6. Hindari makan di area rumah sakit untuk meminimalkan resiko terpapar kuman melalui air dan makanan.





Sumber : ar risalah &berbagai sumber

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

iklan